Senin, 17 Desember 2012

How to make invisible ink


Hi, ini tugas praktikum kimia saya&kelompok saya. Disini kami mencoba membuat Tinta Rahasia. Ada 2 formula

Formula 1
Alat    :  Gelas kimia
Korek api
Kertas

Bahan :  Ammonium chloride(NH4Cl) 1 gr
                  Aqua 15 – 20 cc

 Nah, ammonium chloride ini tuh senyawa anorganik, banyak ditemukan di daerah vulkanik atau tempat pembuangan pembakaran batu bara gitu. Ammonium chloride ini disebut juga garam kristal putih, senyawa ini sangat mudah larut dalam air. FYI, NH4Cl ini merupakan reaksi bolak-balik. NH4Cl ini sebenernya dekomposisi dari amonia dan asam klorida, teman-teman:D





Formula 2
Alat:      Gelas kimia
Korek api
Kertas

Bahan:  Cobalt chloride (CoCl2) 10 gr
Gliserin 2 gr
Aqua 88 Cc

Cobalt (II) klorida adalah senyawa anorganik kobalt dan klorin, senyawa ini tuh susah di dapetinnya makanya harganya tuh mahal banget. 100gramnya bisa sampe 3jutaan. Kalau dalam kehidupan sehari-hari, kobalt klorida ini berfungsi sebagai indikator buat prediksi cuaca.. Kalau cuaca panas, senyawa ini berubah warna jadi warna biru, kalau dingin jadi warna pink gitu. Senyawa ini juga larut dalam air:>




Formula 1

Cara : Ammonium chloride dilarutkan dalam aqua, tampung dalam botol.
Kertas yang ditulisi dengan tinta ini, bila di dekatkan pada nyala api yg kecil atau dipres dengan setrika panas, maka tulisan tersebut akan tampak.


Formula 2
Cara : Campur ketiga bahan tersebut, lalu tampung dalam botol. Kertas yang ditulisi tinta ini pada waktu mengering tulisannya akan hilang, yang kemudian bisa timbul kembali bila didekatkan diatas api.


Selamat mencoba! :-)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar